PENGALAMAN PERTAMA KALI KE LUAR NEGERI (BARCELONA)

TRAVELING IN BARCELONA

Hola Schoene Leute,
Okay aku enggak mau kebanyakan basa-basi, disini aku akan cerita pengalaman pertamaku ke luar negeri tepatnya di luar negeri. Sebagai orang yang gak pernah ke luar negeri pasti banyak sekali kegelisaan kita apalagi kalo kita sendirian ke luar negeri.

Okay pertama kali aku cari-cari tiket murah untuk beli tiket pesawat. Okay waktu itu aku berencana terbang pada bulan agustus , dan sedihnya karena summer jadi harga tiket mahal-mahal. Karena domisili di surabaya aku berfikir beli tiket dari surabaya ke singapore  dan waktu itu aku dapat 450.000 di traveloka.com  , setelah itu booking lagi di ticket.com dari singapore ke barcelona dengan harga 8 jutaan., setelah semua tiket beres barulah berfikir tentang visa  dan jarak bikin visa lebih baik 1 bulan  atau 3 minggu sebelum keberangkatan ya agar kalo ada apa-apa tiket kita gak hangus gara-gara nunggu visa di accept . Apply visa untuk ke barcelona ke kedutaan spanyol di jakarta pusat dan prosesnya 1 minggu aja. well kenapa aku gak beli tiket dari jakarta langsung ke barcelona karena denger-denger lebih murah kalo berangkat dari singapore . Dan itu memang benar , harganya lumayan lah buat makan sebulan .

Hari keberangkatan tiba bawaanku 20 kg untuk bagasi dan 7 kg untuk kabin di bandara juanda penerbangan normal banget , pesawat stop ke jakarta untuk 2 jam 30 menit. Di soekarno hatta harus pindah terminal 2 dan pilihan menuju terminal karena banyak bawaan adalah taxi karena lebih mudah dari pada kita naik shuttle bus tapi desekan dengan buanyak bawaan. Karena uang rupiah sudah aku ganti euro semua jadi gak punya uang rupiah lagi. Aku nyoba tanya-tanya satpam apa ada opsi lain selain shuttle bus dan taxi. Dan berita baik bagi aku yang buanyak bawaan dan gak punya uang yaitu kereta listrik langsung menuju terminal 2 tanpa bayar apapun. Okay yang berikutnya perjalanan menuju imigrasi sebelum menuju pesawat , karena aku gak pernah pergi keluar negeri jadi gugup banget pastinya apalagi soekarno hatta gede aku banyak banget tanya kepetugas tentang tempat imigrasi.

Saat ketemu tempat imigrasi aku gugup banget nih , karena pasporku kosong atau belum pernah keluar negeri dan denger-denger bakalan dipersulit kalo belum pernah keluar negeri. Jadi trikku cuma senyum dan pura-pura gak gugup, setelah giliranku petugas imigrasi pasti bakalan tanya aku mau kemana dan harus menunjukan tiket pp dan aku juga di tanya bakalan menginap dimana saja. setelah aku tunjukan semua surat-surat , petugas langsung kayak diskusi gitu dengan petugas lainnya dan setelah itu aku di beri stempel dan dia bilang selamat jalan-jalan. huh sangat deg-degan tapi untung saja di accept, petugas imigrasi selesai dan setelah itu permasalah yang muncul adalah nyari gate pesawat kita, karena tempatnya besar sekali jadi agak binggung dan lagi lebih baik kita tanya petugas yang lebih tau. Setelah ketemu gate penerbangan kita akan ketemu petugas ticketing yang akan scan tiket kita dan kita bakalan di tawari dengan imigrasi singapore. Aku langsung ambil saja dan mengisi semua dan terbanglah aku ke singapore.

DI bandara singapore aku gugup lagi karena aku gak tau kemana aku harus pergi jadi aku nyoba ngikutin penumpang pesawat yang sama dengan aku menuju tempat pengambilan koper, agak rumit sih kita harus naik kereta terus jalannya juga agak panjang. Dan juga kita harus antri buat ngelewati imigrasi singapore, karena aku udah ngisi imigrasi singapore di jakarta jadi aku tinggal ngasih surat itu dan sidik jari terus foto dan dipersilakan untuk lanjutan ke pengambilan koper. Okay setelah nemu tempat pengambilan bagasi aku harus nyari tempat buat nukarkan suratku jadi tiket dan untungnya aku cuma harus pindah lantai saja. Setelah nunggu beberapa menit aku mulai check-in , dan tiba-tiba semua harus ngomong bahasa inggris astaga kagok deh aku , agak kagok dan gugup aku cuma jawab seadanya dan kebetulan petugas check in baik banget orangnya. Check in done terus aku ambil trolly buat bawa koper dan tiba-tiba aja dengan hitungan detik tiketku ilang astaga, disitu aku sangat amat sedih dan binggung , aku cari-cari lagi dan menusuri jalanan yang aku lewati dan ternyata gak ada. Rasanya pengen nangis deh dan aku kembali lagi kepetugas check in dan langsung dipanggil aku dengan petugas yang tadi dan ditanyaik ngapain antri lagi. Ceritalah aku kalo tiketku tiba-tiba ilang dan dia sangat kaget dan nanya apa aku baik-baik saja dan apakah ada yang ilang selain tiketku, untungnya hanya tiketku saja yang ilang dan gak ada yang lain. Petugas itu akhirnya ngasih tiket lagi dan nyuruh buat hati-hati. setelah itu aku nyari gate penerbanganku yampun gede banget deh bandaranya aku hanya bisa kebingungan , dan masalah lain yang aku dapat yaitu kehausan yang sangat-amat dan aku gak mau beli buat air karena males ngomong bahasa inggris dan malu , disitu nemulah aku tempat untuk minum gratis astagaaa rasanya kayak surga dunia deh. karena aku punya botol kosong jadi aku naruh air disitu buat jaga-jaga kalo haus lagi. eh saat di check kemanan aku diberhentiin karena gak boleh bawa cairan lebih dari 100ml , pilihannya buang atau minum di tempat jadi aku memutuskan minum di tempat.  1 jam 30 menit nunggu akhirnya pewasatku mangil dan saat di pesawat  Qatar, didalam pesawat masallah gede banget dan mewah banget maaf ya agak ndeso karena emang pertama kali naik pesawat.

Tempat duduk dekat jendela dan nyaman banget depan ada layar dan menyediakan banyak film dan lagu-lagu terbaru wah gak bakalan bosen deh karena hampir 5-7 jam penerbangan . Lingkunganku semua pakai bahasa inggris sekarang huh makin guguplah aku, qatar ngasih makan 2 kali saat pramugari nawarin makan semua pakai bahasa inggris dan pramugaranya babang bule ganteng-ganteng hahahah jadi bisa cuci mata banget dan seneng banget deh, Penerbangan dari singapore ke DOHA dan saat di doha harus naik kereta listrik lagi buat menuju tempat penerbangan  . Sedihnya di tiketnya gak ditunjukin aku harus ke gate yang mana jadi aku nanyalah petugas dan diarahin ke tempat gate tapi tulisannya menuju bali disitu aku masih positif aja mungkin setelah bali baru barcelona. Eh 1 jam nungguin ternyata gak ganti-ganti dan larilah aku nanya lagi dan ternyata mereka ngasih info yang salah , waktu liat jam 30 menit lagi pesawarku berangkat ke barcelona jadi aku langsung lari sekenceng-kencengnya ke gate tujuanku yang amat jauh , astaga saat sampai di gate tujuan 10 menit lagi pesawat berangkat huh untung aja gak ketinggalan. Pesawat tetep Qatar dan dengan pelayanan yang memuaskan sekali dan menyenangkan , 7 jam perjalanan sampailah aku ke barcelona sebelum ketempat pengambilan bagasi harus ke imigrasi dulu yang harus antri panjang banget dan lama banget.

Saat giliranku mas imigrasinya ngomong bahasa inggris logat spanyol dan badannya tegap banget , aku harus nunjukin visa dan alamat tempat tinggal aku selama di spanyol dan setelah accept langsung lari nyari trolly buat koper setelah koper di tangan step selanjutnya aku harus nyari pintu kedatangan . Eh saat dipintu kedatangan udah banyak banget orang yang di mau jemput dan aku langsung liat BARCELONA FOOTBALL OFFICIAL STORE hahha surga pencinta sepakbola barcelona . Sempat sih cek tapi lumayan banget harganya jadi bye bye deh , dan selanjutnya aku harus nyari cara untuk ke pusat kota dan pilihannku adalah metro atau kereta. JAdi aku harus beli tiket sekitar 5 euro lah di HOLA BARCELONA  dan naik metro ke tujuan catalunya  cuma 15 menitan sampailah aku di pusat kota kebetulan di jalan yang terkenal yaitu LAS RAMLAS. Seketar info las ramlas adalah jalanan yang kemarin ditabrakin oleh teroris waktu naik mobil ituloh dan emang tempatnya rame banget sih .

Baut kalian yang di barcelona atau pengen di barcelona apa sih yang pengen kalian lakuin atau beli di barcelona ????